Selasa, 18 Oktober 2022

Membumikan Makna-Makna HAJI Dalam Konteks Kemanusiaan Pendekatan Tafsir Isyari Maqashidi Al-Laiqah

Membumikan Makna-Makna HAJI Dalam Konteks Kemanusiaan Pendekatan Tafsir Isyari Maqashidi Al-Laiqah

 



Membumikan Makna-Makna

HAJI

Dalam Konteks Kemanusiaan

 Pendekatan Tafsir Isyari Maqashidi Al-Laiqah

 

Penulis:
Dr. H. Saifuddin Herlambang, S.Ag., M.A

Penyunting:
M. Iqbal Arraziq, M.Pd

Tata Letak dan Sampul:
Adi Santoso

Cetakan I: Oktober 2022 
16 x 24 cm, x + 405 hlm.

Penerbit: Top Indonesia
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata No.Y35
Pontianak-Kalimantan Barat

Geneologi perintah haji bersumber dari teks Al-Quran, artinya adanya perintah haji bersumber dari wahyu Allah Swt. Kalau pun ada teks-teks hadits yang menjelaskan tentang haji, hal itu berfungsi sebagai penjelasan atau penguat terhadap teks-teks Al-Qur’an tersebut. Teks Al-Qur’an bersifat mati yang menghidupkanya adalah para Mufassir, mereka mencoba melakukan upaya suci untuk menafsirkan teks-teks tersebut agar dapat dipahami, dihayati dan diamalkan, sehingga membawa kemaslahatan di bumi.


Penafsiran terhadap teks-teks dan simbol-simbol haji yang selama ini terdapat dalam kitab-kitab tafsir harus dikompromikan dan dikomunikasikan kembali dengan realitas kekinian agar keluar dari makna-makna sempit sebatas syariat semata. Karena menurut penulis dalam setiap syariat ada hakikatnya dan di dalam setiap hakikat ada syariatnya (fii kulli syari’atin haqiqatun wa bikulli haqiqatin syari’atun). Syariat dapat dipahami sebagai simbol yang menyimpan isyarat (isyari). Tugas manusia menggali secara mendalam makna-makna isyari tersebut agar dapat mengungkap pesan-pesan moral wahyu Allah Swt. Tak heran jika bermunculan salah satu pendekatan tafsir semacam tafsir maqashidi seperti yang dilakukan oleh Syekh Muhammad Al-Thahir ibn Asyur dan generasi setelahnya.

Minggu, 02 Oktober 2022

BUKU AJAR KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH 2

BUKU AJAR KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH 2

 



PENULIS
Suriadi, PhD, AWCS

Penerbit Top Indonesia (Anggota IKAPI)
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35 Pontianak Kalimantan Barat

Cetakan Pertama, Agustus 2022
ix + 476 halaman, 21 x 29,7 cm

Dalam buku ini, tertulis bagaimana memahami konsep Keperawatan Medikal Bedah dan hasil penelitian yang perlu dipahami oleh perawat tingkat mahir dan juga bagaimana materi yang disajikan yang relevan dengan mata kuliah mengenai hasil penelitian oleh pakar lain dan menjadi alternatif pegangan bagi mahasiswa dan dosen yang menempuh studi tersebut.



INVESTASI DI KALIMANTAN BARAT Potret dan Peluang

INVESTASI DI KALIMANTAN BARAT Potret dan Peluang

 


Penulis :
Pramushinta Arum Pynanjung, S.Si., M.E Wawan Gunawan, S.E., M.E.

Editor : 
Dr. Erni Panca Kurniasih, S.E., M.Si. Metasari Kartika, S.E., M.E.

Cetakan Pertama, Juni 2022 xxvi + 76 17 x 25 cm

Buku referensi ini diperuntukan bagi untuk khalayak luas yang ingin mengetahui tentang sektor-sektor yang berpotensi di Kalimantan Barat serta memperlihatkan kondisi perekonomian Kalimantan Barat. Investasi merupakan salah satu aktivitas dalam menempatkan modal baik berupa uang atau asset berharga lainnya untuk tujuan memperoleh keuntungan. Buku ini dapat menjadi salah satu referensi bagi Pemerintah untuk dapat mempromosikan sektor-sektor dan daerah-daerah yang dianggap berpotensi memperoleh keuntungan bagi investor. Selain itu buku ini juga dapat menjadi sumber referensi bagi masyarakat luas, bahwa begitu banyak sumber-sumber potensi yang dapat diberdayakan didaerah mereka masing-masing khususnya di Kalimantan Barat.