Jumat, 18 November 2022

Akselerasi Pengembangan Agroindustri Unggulan Daerah Dengan Analisis Rantai Nilai

Akselerasi Pengembangan Agroindustri Unggulan Daerah Dengan Analisis Rantai Nilai




Penulis:

DR.NOVIRA KUSRINI, SP,M.SI

DWI SEPTIYARINI., S.SI., M.P.

DR.MASWADI, SP, M.SC

 

Layout & Cover:

FAHMI ICHWAN

 

Penerbit Top Indonesia (Anggota IKAPI)

Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35 Pontianak Kalimantan Barat

 

Cetakan Pertama, Desember 2022

vi+ 166 page 18 x 25 cm


Sektor industri berbasis pertanian (agroindustri) merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan sumber penghidupan sebagian besar masyarakat. Untuk itulah, agar pengembangan ekonomi daerah dapat berhasil dan berdaya guna, maka perlu diupayakan pengembangan potensi ekonomi daerah melalui pengembangan produk unggulan daerah (PUD) secara berkesinambungan melalui analisis rantai nilai.

Sehubungan dengan itu penulis termotivasi untuk menulis buku ini sebagai bagian dari strategi pemasaran yang terintegrasi antar pelaku bisnis. Penulis menyadari bahwa tulisan ini banyak kekurangan, untuk itu saran dan pendapat yang konstruktif dari pembaca sangat diharapkan. Untuk itu semua, penulis ucapkan terima kasih, semoga bermanfaat.


 

SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

 


Penulis:

Sukriyanto, S.Pd.I,M.Pd

 

Cover dan Layout:

Fahmi Ichwan

  

Diterbitkan Oleh:

Top Indonesia (Anggota IKAPI)

Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35

Pontianak Kalimantan Barat

 

Cetakan Pertama:   Agustus 2022

(41 hal : 14.8 x 21 cm)


Untuk itu sesuai Kurikulum 2013 (K13) yang berlaku sekarang  ini, memerlukan strategi baru terutama dalam kegiatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang sebelumnya lebih banyak didominasi oleh peran guru (teacher centered) diperbaharui dengan sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Dalam implementasi Kurikulum 2013 guru harus mampu memilih dan menerapkan model, motode atau setrategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi sehingga mampu mengembangkan daya nalar siswa secara optimal. Dengan demikian dalam pembelajaran guru tidak hanya terpaku dengan pembelajaran di dalam kelas, melainkan guru harus mampu melaksanakan pembelajaran dengan motode yang variatif. 

Efektifitas Penggunaan Media  dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Masa Pandemi

Efektifitas Penggunaan Media dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Masa Pandemi


Penulis:

Sapri, S.Pd.I,M.Pd

  

Cover dan Layout:

Fahmi Ichwan

  

Diterbitkan Oleh:

Top Indonesia (Anggota IKAPI)

Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35

Pontianak Kalimantan Barat

 

Cetakan Pertama:   Agustus 2022

(51 hal : 14.8 x 21 cm)

Keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran daring pada situasi pandemi Covid-19 ini adalah kemampuan guru dalam berinovasi merancang, dan meramu materi, media pembelajaran, dan aplikasi apa yang sesuai dengan materi dan metode. Kreatifitas merupakan kunci sukses dari seorang guru untuk dapat memotivasi siswanya tetap semangat dalam belajar secara daring (online) dan tidak menjadi beban psikis.


BELAJAR  MATEMATIKA BAGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PILIHAN YANG TEPAT DAN MENYENANGKAN

BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PILIHAN YANG TEPAT DAN MENYENANGKAN

 


BELAJAR  MATEMATIKA BAGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PILIHAN YANG TEPAT DAN MENYENANGKAN

Penulis: 

Iskandar, M.Pd

 

Cover dan Layout:

Fahmi Ichwan

 

Diterbitkan Oleh:

Top Indonesia (Anggota IKAPI)

Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35

Pontianak Kalimantan Barat

 

Cetakan Pertama:   Agustus 2022

(47 hal : 14.8 x 21 cm)


Proses pendidikan tidak pernah terlepas dari kegiatan belajar dan pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran merupakan aktifitas interaksi edukatif antara pembelajar dengan peserta didik dengan didasari oleh adanya tujuan baik berupa pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Pengertian lain tentang pembelajaran, menurut Gagne & Brigss adalah proses yang diselenggarakan oleh pendidik untuk membelajarkan peserta didik dalam belajar, bagaimana memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan, dan sikap (Dwi Setia Ningrum, 2012:48). Perubahan yang ada pada seluruh aspek kehidupan menuntut aspek pendidikan untuk berubah dan berkembang pula. Tak cukup sampai disitu, perubahan ini harus didukung oleh sumber daya manusia, sistem, dan fasilitas yang memadai. Dalam hal ini, tentu bukan hanya peran pemerintah yang diperlukan, namun juga upaya dan dukungan dari kalangan pendidik, peserta didik, serta wali peserta didik. Pendidik harus menggunakan berbagai strategi dan strategi untuk meningkatkan proses pembelajaran agar efektif. Selain itu, dari sisi peserta didik sendiri harus aktif dalam pembelajaran, termasuk dukungan dari orang tua untuk membuat anaknya termotivasi dalam belajar. Penggunaan metode dan strategi pembelajaran yang sesuai, dengan keaktifan peserta didik tentu akan membuat suasana belajar dan hasil belajar menjadi maksimal.

 

Minggu, 13 November 2022

PSIKOANALISA, BEHAVIORISTIK  KOGNITIF & HUMANISTIK  DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN/HADIS  KONSEP DAN APLIKASI

PSIKOANALISA, BEHAVIORISTIK KOGNITIF & HUMANISTIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN/HADIS KONSEP DAN APLIKASI

 

PSIKOANALISA, BEHAVIORISTIK 
KOGNITIF & HUMANISTIK 
DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN/HADIS 
KONSEP DAN APLIKASI

Penulis:
Agus Handini, M.Psi.,Psikolog
Dr.H. Fachrurrazi, MM
Nelly, S.Pd.I.,M.S.I

Layout dan Cover:
Adi Santoso

Cetakan I November 2022
16 x 24 cm, viii + 242 hlm.
ISBN:

Penerbit: 
Top Indonesia (Anggota IKAPI No. 012/KLB/2015)
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata No.Y35
Pontianak, Kalimantan Barat

Pada buku ini disajikan uraian mengenai empat teori Psikoanalisa, Behavioristik, Kognitif dan Humanistik dalam perspektif Al-Qur’an atau Hadis. Pembahasan dilakukan sesuai dengan konsep teori Psikologi. Penulis berusaha untuk menyamakan pemikiran dari perspektif Al-Qur’an dan Hadis, kemudian dilihat kembali konsep secara Psikologi dan diaplikasikan pada Mahasiswa di IAIN Pontianak.

Dalam buku ini juga disajikan juga konsep dan contoh aplikasi tentang psikologi dari empat teori besar yaitu Teori Psikoanalisa, Behavioristik, Kognitif dan Humanistik. Yang mana teori tersebut kemudian menjadi dasar bagi tori-teori lainnya. Artinya empat teori besar ini merupakan akar dari teori Psikologi.
Kata kunci untuk Psikoanalisa adalah tentang bagaimana seseorang memaknakan dirinya di masa lalunya. Hal ini mengenai trauma-trauma yang dialaminya. Apakah ia seorang yang mudah move-on atau tidak, atau bagaimana ia mengendalikan keinginan-keinginan yang ia tekan di alam bawah sadarnya.

Kemudian Behavioristik adalah bagaimana perilaku itu muncul karena pembiasaan-pembiasaan yang ia buat. Pembiasaan-pembiasaan itu akan menjadi karakter dan karakter akan menjiwai seseorang dalam berperilaku. Behavioristik juga membahas perlunya lingkungan untuk mensupport terbentuknya suatu perilaku. Selanjutnya adalah teori Kognitif yang membahas tentang bagaimana seseorang mempersepsikan atau memaknakan dirinya seperti apa. Dan terakhir teori Humanistik adalah dalam teori ini manusia dianggap sama, manusia semua mempunyai potensi, manusia bisa jadi apa yang ia inginkan. Akan tetapi ketika sesorang tidak mengenal dirinya atau tidak mempunyai self concept maka seseorang itu tidak akan menjadi seseorang yang mengetahui potensi dirinya, sehingga terjadi perilaku abnormal.



Sabtu, 12 November 2022

Mengembangkan Sumber Belajar Mengajar Kimia dengan Pendekatan Multipel Representasi

Mengembangkan Sumber Belajar Mengajar Kimia dengan Pendekatan Multipel Representasi

 


Mengembangkan Sumber Belajar Mengajar Kimia
dengan Pendekatan Multipel Representasi

Penulis:
Erlina
Maria Ulfah
Azwa Fadilla Wafiq 

Tata Letak dan Sampul:
Adi Santoso

Cetakan I: November 2022 
15,5 x 23 cm, vi + 51 hlm.

Penerbit: Top Indonesia
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata No.Y35
Pontianak-Kalimantan Barat

Sumber belajar mengajar (SBM) adalah alat yang digunakan untuk memfasilitasi proses belajar mengajar. Semua hal yang digunakan guru/pengajar di kelas mereka untuk mengajar dianggap sebagai sumber belajar dan mengajar. Tujuan utama penggunaan SBM adalah membantu para guru/pengajar dengan presentasi dan transmisi konten dalem upaya pencapaian tujuan instruksional.


Tujuannya juga menyiratkan bahwa SBM dapat digunakan untuk mendukung keterlibatan siswa dalam pengalaman belajar sambil membantu siswa dalam memperoleh pengetahuan dan memperoleh kemampuan dan nilai yang berbeda. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru/pengajar harus mampu memilih SBM yang efektif. Selain memilih SBM, guru/pengajar juga dapat mengembangkan SBM sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dikelas.


Dalam buku ini dijelaskan mengenai pengembangan SBM kimia dengan prosedur sederhana yang dapat langsung diaplikasikan yang disertai dengan contoh. Prosedur ini merupakan prosedur yang pernah dilakukan oleh penulis saat melakukan pengembangan SBM sebagai fokus dari riset. Harapannya buku yang disusun ini dapat menjadi salah satu sumber informasi mengenai SBM dan bagaimana cara mengembangkannya.