Kamis, 16 Maret 2023

STRATEGI PENGUATAN PENGENDALIAN INFLASI DAERAH BERBASIS KUADRAN KOMODITAS PANGAN “KUAT PANGAN”

STRATEGI PENGUATAN PENGENDALIAN INFLASI DAERAH BERBASIS KUADRAN KOMODITAS PANGAN “KUAT PANGAN”

 





Penulis:

 DR. HERKULANA MEKARRYANI S, M.SI.

 

Layout & Cover:
Fahmi
Bagus Junaedy



Penerbit Top Indonesia (Anggota IKAPI)
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35
Pontianak Kalimantan Barat

Ukuran : x + 71 halaman, Uk : 17 x 25 cm
Cetakan pertama Maret 2023


Inflasi di Indonesia mempunyai hubungan positif terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan sangat berpengaruh terhadap struktur perekonomian daerah, inflasi yang tinggi akan mengakibatkan dampak yang berat antara lain mengganggu tingkat investasi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan data Inflasi dari tahun 2015 hingga 2018 yang bersumber dari BPS Provinsi Kalimantan Barat, menunjukkan bahwa Inflasi Daerah Provinsi Kalimantan Barat lebih tinggi dari Inflasi Nasional dan Provinsi di Pulau Kalimantan, bahkan pada Triwulan Kedua tahun 2019 menempati urutan ke-8 tertinggi dari 34 Provinsi se-Indonesia.

Oleh sebab itu perlu adanya Inovasi baru dalam Strategi Pengendalian Inflasi Daerah Provinsi Kalimantan Barat sebagai suatu upaya Pengendalian Inflasi dan Penciptaan Stabilitas Harga yang akan berdampak positif bagi perekonomian dan masyarakat Kalimantan Barat.

Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah Strategi Penguatan Pengendalian Inflasi Daerah Berbasis Kuadran Komoditas Pangan atau disingkat dengan “KUAT PANGAN”. Kuadran Komoditas Pangan ini merupakan salah satu alat untuk mengukur besaran risiko kestabilan harga dari beberapa Komoditas Pangan yang sering muncul menjadi faktor angka pembentuk inflasi. Pengukurannya dengan menggunakan Data Frekuensi dikombinasi dengan Andil dari Hitungan Inflasi beberapa Komoditas Pangan tertentu.

Strategi Penguatan Pengendalian Inflasi Daerah Berbasis Kuadran Komoditas Pangan “KUAT PANGAN” belum pernah dilakukan di Daerah atau Provinsi Lain. Keunggulan Kuadran Komoditas Pangan ini dapat memetakan tidak hanya angka Indeks Harga Konsumen, tetapi juga dapat memetakan Frekuensi Kemunculan Komoditas Indeks Harga Konsumen tertinggi sehingga pengukurannya lebih fair.

Kuadran Komoditas Pangan ini dapat dimanfaatkan untuk menghitung Proyeksi Inflasi Daerah sehingga dapat menentukan arah dan mempertajam proyeksi terjadinya Inflasi atau Deflasiberdasarkan informasi historis di Kuadran.

Senin, 06 Maret 2023

Kearifan Lokal dan Moderasi Beragama di Sanggau

Kearifan Lokal dan Moderasi Beragama di Sanggau

 



Penulis : 

Ismail Ruslan, Faizal Amri, Nunik Hasriyanti


Editor: Yusriadi - Baharuddin


Layout: Fahmi

Penerbit Top Indonesia (Anggota IKAPI)  
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35 Pontianak 
Kalimantan Barat 

Cetakan pertama, Desember 2022

96 Page 16 cm x  24 cm

Buku di tangan pembaca ini merupakan hasil dari kegiatan di tahun 2022. Penambahan dan revisi dilakukan sehingga menjadi bentuk yang ada di tangan pembaca saat ini. Tim penulis menyajikan pengalaman masyarakat multikultur dalam merawat kerukunan berbasis kearifan lokal. Tantangan dan upaya masyarakat multietnik-agama di Sanggau dalam memelihara, menjaga kerukunan, kehidupan yang aman, damai, dan harmonis, serta cara mengatasi problem yang muncul di tengah mereka disajikan di sini secara deskriptif. Sungguh, banyak pembelajaran dapat diambil dari pengalaman mereka yang dapat diaktualisasi dan ditransformasi untuk kepentingan membangun masyarakat harmonis.

Download