Rabu, 26 April 2023

Metodologi Tafsir Al- Quran

Metodologi Tafsir Al- Quran

 


Penulis:
Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA
 
Editor:

M. Iqbal Arraziq, M.Pd
Ihsan Nurmansyah, MA
Sulaiman, S.Sos

Layout & Desain Cover: 
Setia Purwadi

Penerbit Top Indonesia (Anggota IKAPI)  
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35 Pontianak 
Kalimantan Barat 

Cetakan pertama, April 2023

viii + 168  Page 16 cm x  24 cm


Metodologi tafsir al Quran merupan sebuah ilmu yang menjelaskan secara rinci tentang prinsip-prinsip secara rinci tentang prinsip metode-metode dalam melakukan tafsir al Quran. Fenomena yang terjadi dan menjadi permasalahan  umat yakni sering kali ayat-ayat al Quran ditafsir secara bebas tanpa melihat atutran atau qaidah yang ada, sehingga maksud Allah tidak tersampaikan dengan baik.

 

Senin, 03 April 2023

The Power of Al-Fatihah Konseling Berbasis Surah Al-Fatihah

The Power of Al-Fatihah Konseling Berbasis Surah Al-Fatihah

 


Penulis :
Dr. M. Edi Kurnanto, M. Pd 
Dr. Harjani Hefni, Lc.MA 
 
Editor: 
Erwin Mahrus 

Desain Cover: 
 Ibnu Qoyyim el Rabban

Penerbit Top Indonesia (Anggota IKAPI)  
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35 Pontianak 
Kalimantan Barat 

Cetakan pertama, April 2023

viii + 130  Page 15 cm x  24 cm


The Power of Al-Fatihah (Book 2) ini adalah seri kedua dari The Power of Al-Fatihah Series, dimana buku pertama berbicara tentang Bimbingan Berbasis Surah Al-Fatihah. Kehadiran buku kedua ini untuk melegkapi layanan bimbingan yang telah dibahas secara tuntas di buku pertama, sehingga lengkaplah sudah, karena selain layanan bimbingan berbasis surah al-fatihah yang informatif dan preventif, kini telah hadir layanan konseling berbasis surah al-fatihah yang bersifat kuratif dan krisis. Dengan demikian, satu kesatuan layanan psikoedikatif yang didasarkan dari keagungan surah al-fatihah telah nyata adanya, yaitu Bimbingan dan Konseling Berbasis Surah Al-Fatihah.


Buku Tke Power of Al-fatihah (Book 2): Konseling Berbasis Surah Al-Fatihah ini secara khusus membahas bagaimana konselor memberikan layanan konseling, sebagai tindak lanjut dari layanan bimbingan berbasis surah al-fatihah. Layanan konseling model ini fokus pada upaya memberdayakan konseli yang sedang mengghadapi permasalahan dalam kehidupan, yaitu dengan menghubungkan permasalahan hidup itu pada tata nalai untuk bisa sukses berbasis surah al-fathah. Membaca buku ini, berarti Anda sedang menyiapkan diri untuk dipahamkan dan dilatih bagaimana memberikan layanan konseling yang berbeda dengan layanan konseling pada umumnya. Walaupun tidak mungkin lepas dari keterampilan konseling secara umum, tapi dengan buku ini Anda akan mendapatkan keterampilan konseling baru, yaitu apa yang diistilahkan dalam buku ini sebagai "connecting", yaitu bagaimana Anda bisa menghubungkan semua permasalahan konseli dengan nilai-nilai luhur dan agung surah al-fatihah.


GENEALOGI & ANATOMI DOKTRIN TEOLOGI POLITIS  KELOMPOK TERORIS RELIJIUS

GENEALOGI & ANATOMI DOKTRIN TEOLOGI POLITIS KELOMPOK TERORIS RELIJIUS

 

 

Penulis:

Dwi Surya Atmaja

Abu Fida M. Saifuddin Umar

Ahmad Izzan
  
 Editor: Waryono Abdul Ghafur 

 

Layout & Cover:
Bagus Junaedy
 
 
 
Penerbit Top Indonesia (Anggota IKAPI)
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35
Pontianak Kalimantan Barat
 
Ukuran : iv + 130 halaman, Uk : 18 x 25 cm
Cetakan pertama April  2023


Diskursus teoritis seputar relasi ideologi dengan praktik kekerasan terorisme yang secara spesifik diistilahkan dengan religious terrorism, dimana terdapat tiga klasifikasi teori besar yaitu pertama penganut pandangan bahwa terorisme selalu bersifat ideologis; kedua, pandangan terorisme hanyalah bersifat sosial-politis; ketiga, terorisme adalah konjungsi dari protes sosial politis dengan ketersediaan basis ideologis. Berdasarkan itu, maka penelitian ini diarahkan untuk menjawab pertanyaan fokus permasalahan berupa: “Seberapa besarkah peran doktrin Islam menginspirasi aksi-aksi kekerasan yang dilancarkan oleh kelompok-kelompok teroris religius? Apakah motif religius itu lebih besar dari motif politis?