Minggu, 04 Juni 2023

Dimensi Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Bait-Bait Syair  Burdah (Studi Dalam Tradisi Pembacaan Burdah  Sebagai Pencegahan Wabah Covid-19  di Kalimantan Barat).

Dimensi Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Bait-Bait Syair Burdah (Studi Dalam Tradisi Pembacaan Burdah Sebagai Pencegahan Wabah Covid-19 di Kalimantan Barat).

 



Penulis: 
Dr. Sahri, MA dan Surianto, M.Th.I 
Editor: 
Dr. Dwi Surya Atmajaya, MA 


Layout & Desain Cover: 
Adi Santoso

Penerbit Top Indonesia (Anggota IKAPI)  
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35 Pontianak 
Kalimantan Barat 

Cetakan pertama, Juni 2023

vi + 107  Page 16 cm x  24 cm




Proses pelaksanaan tradisi pembacaan Burdah sebagai pencegahan wabah Covid-19 di Kalimantan Barat di daerah Simpang Empat Wajok Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah dilaksanakan setiap malam Rabu dan malam Kamis setiap pekannya yang dilaksanakan bergiliran di rumah-rumah warga atau juga bisa diundang 101 jika di antara warga mempunyai hajat tertentu. khusus untuk pembacaan Burdah dalam berlindung dari wabah virus covid-19 masyarakat membacanya setiap malam selama sebulan sambal keliling kampong. Isi dari Kegiatan tradisi pembacaan Burdah dibuka dengan tawasul kepada Rasulullah SAW, keluarga beliau, shahabat beliau, para ulama dan juga terkhusus kepada pengarang syair Burdah yaitu Imam al-Bushiri, kemudian pembacaan syair-syair Burdah dan ada tambahan syair lain, kemudian ditutup dengan do’a selanjutnya ramah tamah.