Minggu, 13 Agustus 2023

ALQURAN, KERAGAMAN DAN KEINDONESIAAN -1 Bunga Rampai Makalah Alquran LKTIQ LPTQ Kalbar 2022

 


Penulis: 
Wahyu Gunawan,
Faizal Amin, Hafizin, Izhar Hanafiarani,
Bilal Gibran, Sulaiman, Egi Tanadi,
Muhammad Adib Alfarisi, Muhammad Ihsanul Arif,
Ahmad Yani, Diaz Ataya Larsen Wijaya, Ferry Firmansyah

 Editor:
ibrahim, zaEnuddin, yusriadi

Desain Cover: 
Fahmi Ichwan

Penerbit Top Indonesia (Anggota IKAPI)  
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35 Pontianak 
Kalimantan Barat 

Cetakan pertama, Agustus2023

184  Page 16 cm x  24 cm


Buku di tangan pembaca ini merupakan kumpulan dari makalah lomba karya tulis ilmiah Alquran (KTIQ) pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXX Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Ketapang, November 2022. Jilid 1 ini khusus untuk makalah yang ditulis oleh peserta putra, wakil dari kabupaten/kota se Kalimantan Barat.

Sesungguhnya, naskah yang dikompilasikan di sini, bukan naskah asli dari penulis. Tim Editor telah melakukan penyuntingan teks dan tata tulis. Penyuntingan ini dilakukan dengan maksud menyelaraskan format dan penggunaan bahasa agar pesan-pesan yang ingin disampaikan menjadi lebih kemas.

Ada dua tema besar dalam buku ini. Pertama, tentang moderasi beragama. Moderasi beragama adalah salah satu fokus Kementerian Agama dalam rangka mengelola keragaman. Para peserta mengeksplorasi dan mengkritisi praktik dan narasi keragaman di tengah masyarakat. Banyak hal menarik yang disampaikan, yang insyaallah bermanfaat memberikan wawasan dan pemahaman pembaca tentang praktik toleransi di tengah keragaman.

Kedua, pengembangan ekonomi umat. Isu ekonomi umat juga dipilih oleh peserta dengan menampilkan gambaran dan tawaran mengenai potensi dan prinsip yang dapat digunakan dalam upaya pengembangan ekonomi ummat. Tawaran ini, seperti juga pada isu moderasi beragama, memperlihatkan kecakapan peserta dalam melihat tema dan kondisi masyarakat dan bangsa. Walhal, kedua tema ini secara umum diangkat dengan sangat baik oleh peserta dalam kerangka besar pembangunan masyarakat dan bangsa

ALQURAN, KERAGAMAN DAN KEINDONESIAAN -1 Bunga Rampai Makalah Alquran LKTIQ LPTQ Kalbar 2022
4/ 5
Oleh