Senin, 05 Februari 2024

KAJIAN KOMPLEMENTER KEBIDANAN NYERI PERSALINAN KALA I

 





Penulis :

WAHYU ASTUTI 

ELMA MARSITA


Desain Cover: 
Adi Santoso

Penerbit Top Indonesia (Anggota IKAPI)  
Jalan Purnama Agung VII Pondok Agung Permata Y35 Pontianak 
Kalimantan Barat 

Cetakan pertama, November  2023

71  Page 14.8 cm x  21 cm


Nyeri persalinan juga merupakan masalah yang sangat mencemaskan bagi ibu inpartu. Sehingga menghilangkan rasa nyeri ialah hal yang penting. Bukan jumlah nyeri yang dialami wanita yang perlu dipertimbangkan, akan tetapi harapan tentang cara mengatasi nyeri tersebut dapat terpenuhi. 
Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan salah satunya adalah teknik kompres hangat dan senam birth ball. Gerakan-gerakan yang bisa dipraktekkan dengan birth ball dapat membuat rasa nyaman karena elastisitas dan lengkungan bola merangsang reseptor di panggul yang bertanggung jawab untuk merangsang hipofisis melakukan tugasnya dengan pelepasan hormone endorphin yang merupakan penghilang stress dan pereda rasa sakit alami. Selain itu birth ball juga dapat membantu kemajuan persalinan dengan menggunakan gaya gravitasi 
Kebidanan komplementer saat ini sangat menjadi trend dalam pemberian pelayanan kesehatan khususnya pelayanan kebidanan, selain sistem pelayanannya sangat mudah dan praktis ditambah juga sangat efektif untuk mengurangi rasa nyeri yang dialami oleh ibu bersalin kala I, dengan pengobatan menggunakan metode komplementer tidak membuat ibu bersalin merasa ketergantungan dengan terapi yang telah diberikan.  

KAJIAN KOMPLEMENTER KEBIDANAN NYERI PERSALINAN KALA I
4/ 5
Oleh